Kreasi Peserta Karnaval Dinilai Sangat Variatif, Puluhan Ribu Warga Terhibur

Even tahunan bertajuk Karnaval Tematik Kendaraan Hias Kabupaten Wonosobo 2019, kembali digelar pada Minggu (18/8). Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, karnaval yang diikuti tak kurang dari 80 kelompok peserta mampu mengundang antusiasme puluhan ribu warga masyarakat yang sudah menyesaki jalan utama Kota Wonosobo sejak pagi. Agenda tahunan yang digelar sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, diakui warga masyarakat selalu ditunggu, mengingat dari tahun ke tahun, kreasi kendaraan hias maupun kostum yang dikenakan peserta karnaval senantiasa menarik perhatian. “Kali ini tim dari OPD Pemkab banyak yang tampil maksimal dengan variasi kostum yang sangat kreatif,” ungkap Anita Dyah Puspita (28), warga Kupangan, Sukoharjo yang mengaku sejak pukul 07.00 WIB telah sampai di Wonosobo demi menyaksikan karnaval.

Anita yang mengajak serta kedua putrinya bahkan mengaku sempat berswa foto dengan salah satu peserta demi menyimpan moment berharga tersebut di telpon pintarnya. Selain dinila menghibur dengan variasi bentuk dan warna-warni hiasan pada kendaraan, para peserta karnaval juga dinilai sangat positif dalam menyampaikan program-program maupun mempromosikan diri kepada warga masyarakat. Usman Rifai (40), warga Desa Bener, Kecamatan Kepil yang juga sudah sejak pagi tiba di Kota Wonosobo untuk berekreasi bersama keluarga mengaku banyak mendapat informasi dari sejumlah instansi yang berpartisipasi dalam pawai tersebut. “Informasi terkait ajakan untuk berdiet kantong plastik contohnya, cukup bagus untuk disampaikan mengingat saat ini penggunaan plastik sudah sangat massif untuk berbagai kegunaan,” tutur Usman.

Pagelaran karnaval yang bertepatan dengan hari libur akhir pekan, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Eko Suryantoro turut juga memantik antusiasme warga masyarakat untuk menyaksikan secara langsung. Semarak dan antusiasme warga untuk hadir menonton di sepanjang rute hingga ke panggung kehormatan di Jalan Merdeka, diakui Eko sejalan dengan tema yang diusung panitia karnaval 2019, yaitu Ayem Tentrem Urip Bareng. Dari tema tersebut, Eko menjelaskan pihaknya berupaya untuk mengajak warga Kabupaten Wonosobo agar senantiasa menjaga kerukunan dan toleransi dalam berkehidupan sosial kemasyarakatan. “Sebagai Kabupaten ramah Hak Asasi Manusia, dan kini tengah berupaya mewujudkan program Smart City, modal sosial kehidupan sosial yang terjaga kedamaian dan ketenteramannya sangat dibutuhkan,”beber Eko yang dalam kesempatan tersebut juga selaku Komandan Karnaval.

Kepada semua pihak yang turut menyukseskan gelaran Karnaval Pembangunan 2019, mulai dari para petugas dan aparat keamanan dari Polres dan Kodim 0707, Dinas Perkimhub, Satpol PP hingga Kantor Kesbang, Eko menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya. “Demikian pula OPD – OPD hingga Kecamatan di lingkup Pemkab Wonosobo yang turut berpartisipasi, hingga berbagai elemen masyarakat, sekolah maupun dari dunia usaha kami juga sangat berterimakasih karena peran serta mereka juga menjadi salah satu indikator suksesnya acara ini,” tandasnya.

Pengumuman

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T. Jogonegoro Nomor 8
Phone: (0286) 321341
Email: ppid@wonosobokab.go.id
Website: https://ppid.wonosobokab.go.id