60 Ribu Peta Bidang Tanah Selesai Digarap BPN Wonosobo

Pada bulan September 2019, Badan Pertanahan Nasinal (BPN) Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo telah menyelesaikan sebanyak 60 ribu Peta Bidang Tanah di Kabupaten Wonosobo untuk dijadikan sertifikat. Demikian disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Wonosobo, Bambang Respati, S.Si, usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang (HANTARU) tahun 2019 Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo, Selasa (24/9).

Bambang Respati juga menyampaikan bahwa target 60 ribu sertifikat gratis 2019 untuk Kabupaten Wonosobo telah selesai dilaksanakan prosesnya oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo. “Alhamdulillah pada bulan September ini kantor Pertanahan kabupaten Wonosobo telah menyelesaikan proses 60 ribu Peta Bidang Tanah, tinggal menunggu proses untuk ditandatangani dan jadi sertifikat. Sambil menunggu kesiapan Pemerintah Daerah untuk membagikan kepada masyarakat,” terang Bambang Respati.

Kabupaten Wonosobo sendiri di tahun 2019 ini di target untuk menyelesaikan 60 ribu sertifikat. Di tahun 2018 target Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo sebanyak 40 ribu sertifikat, yang semuanya telah dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

“Dengan selesainya 60 ribu Peta Bidang Tanah ini menjadikan Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo berada di peringkat 9 Kantor Pertanahan di Jawa Tengah. Semua proses ini tak lepas dari peran aktif masyarakat, karena sumberdaya yang ada di Kantor Pertanahan Wonosobo sedikit dibanding daerah lain. Peran pemerintah Daerah juga cukup aktif dengan menggerakkan Camat, Lurah maupun Kades untuk mensosialisasikan Pelayanan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” pungkas Bambang Respati.

Pada Peringatan HANTARU 2019, berbagai kegiatan dilaksanakan Kantor Pertanahan kabupaten Wonosobo yang dikemas dalam Bulan Bakti Agraria mulai tanggal 24 September sampai 9 November 2019. Seperti Upacara Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang, Kegiatan Bakti Sosial, Peningkatan Pelayanan Pertanahan, Kehumasan dan Sarasehan, Pembinaan Moral dan Motivasi Pegawai serta berbagai kegiatan Olah raga.

Pada Upacara Peringatan HANTARU 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 24 September di halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo, Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagiyo bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Membacakan sambutan Menteri ATR/BPN Republik Indonesia, Sofyan Abdul Jalil, Wabup menyampaikan bahwa pelayanan secara elektronik mengenai apa saja bentuk pelayanan di Kantor BPN, dalam notabenenya warga banyak yang mengeluh untuk susahnya mengurus apa saja terkait pertanahan, kini pada jaman modernisasi, akan mempermudah mengenai pelayanan tersebut, termasuk peningkatan kualitas pertanahan secara pribadi dan memastikan jaminan hukum untuk pribadi. Pelayanan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Kelurahan dan Kecamatan adalah salah satu program yang kini dijalankan, intinya mempermudah dengan sistem jemput bola bagi warga dan menyambangi dari rumah kerumah. Diharapkan program-program yang di rencanakan dari Kementerian ATR/BPN RI sudah merupakan kemajuan yang cukup menggembirakan untuk warga.

Pengumuman

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Kontak Kami

Jl. T. Jogonegoro Nomor 8
Phone: (0286) 321341
Email: ppid@wonosobokab.go.id
Website: https://ppid.wonosobokab.go.id